Skip to main content

Beberapa Khasiat Rebusan Biji Ketumbar


Biji ketumbar banyak dikenal sebagai bumbu dapur, akan tetapi dalam sebuah pengujian oleh para ahli ternyata rebusan biji ketumbar memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia.

Biji ketumbar dan daunnya akan membantu pencernaan menjadi lebih sehat. Cukup siapkan biji ketumbar dan air. Lalu rendam segenggam biji ketumbar di dalam air selama sehari. Kemudian saring bijinya dan minum airnya saat perut kosong. Minumlah setiap hari untuk menyembuhkan gangguan pencernaan. Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus. Biji ketumbar membantu produksi enzim pencernaan. Jika menderita gangguan pencernaan dan perut kembung, masukkan biji ketumbar dalam makanan.

Biji ketumbar juga dapat membantu penderita aliran menstruasi yang berat, maka sertakan biji ketumbar dalam makanan sehari-hari. Siapkan 6 gram biji ketumbar, 1 sendok teh gula, 1 liter air. Rebus 6 gram biji ketumbar dalam setengah liter air. Tambahkan satu sendok teh gula saat air berkurang menjadi setengahnya. Minumlah campuran ini selagi masih hangat. Campuran ini harus dikonsumsi tiga kali sehari setiap hari. Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat. Sehingga memastikan rasa sakit akan berkurang dan siklus haid lebih teratur.

Selain hal diatas, masih banyak lagi manfaat rebusan biji ketumbar bagi manusia seperti mengobati flu dan lainnya.