Skip to main content

Cara Mengatasi Masalah Ketombe


Meski pun belum ada pengobatan khusus untuk mengatasi masalah ketombe, namun anda dapat mengurangi dan menghilangkan keluhan ketombe dengan beberapa cara yang praktis. Beberapa orang mendapatkan hasil yang baik setelah menggunakan sampo anti ketombe yang dijual bebas di pasaran.

Sampo jenis ini biasanya mengandung seng pyrithione, asam salisilat atau selenium sulfida, yang berfungsi memperkecil serpihan ketombe hingga kurang terlihat. Tak hanya itu, sering mencuci bahkan dengan sampo biasa juga dapat mengurangi ketombe. Cara ini dapat mengurangi penumpukan minyak di kulit kepala. Tapi ingat, bilas sampo hingga bersih, ya. Karena sisa sampo yang menempel di rambut juga rentan menyebabkan masalah rambut lainnya, termasuk gatal dan ketombe.

Jika penyebab dari ketombe yaitu adanya peningkatan jumlah jamur pada kulit kepala, beberapa dokter merekomendasikan penggunaan sampo yang mengandung ketoconazole 1 persen untuk mengurangi ketombe.

Pada umumnya seseorang tidak membutuhkan konsultasi dokter untuk menangani ketombe. Namun, jika rasa gatal meningkat dan ketombe tak kunjung hilang meski telah menggunakan sampo anti ketombe, atau jika terdapat peradangan serta pengelupasan kulit yang parah terjadi, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dalam menyikapinya.