Skip to main content

Nasi Padang, Bagai Wajah Kuliner Nusantara


Nasi padang ini tentunya adalah makanan favorit bagi semua orang entah itu mau di minang atau di kota-kota lain makanan ini selalu diburu sebagai makanan paling enak. Bahkan rumah makan padang kini sudah banyak sekali di penjuru kota ini. Nasi padang yang khas dengan lauk pauk yang beragam juga membuat makanan ini banyak diburu, apalagi ditambah sambal ijo dan lalab yang membuat maknan ini semakin enak dan pol sekali nendangnya. Siapa yang engga suka sama nasi padang, semua orang pasti pernah merasakan atau mencoba makan masakan ini dan pasti reaksinya adalah ketagihan dan gabisa nolak dengan rasa nasi padang yang khas, apalagi ketika menemukan rumah makan padang yang entah memakai bumbu atau resep rahasia apa yang membuat nasi padang menjadi makin wah dan pastinya akan menjadi rumah makan padang favorit.

Untuk urusan harga masakan padang sangatlah terjangkau dan pas di kantong juga membuat kuliner ini semakin dicari. Bahkan ketika bulan puasa rumah makan padang masih banyak yang buka ketika siang hari, membuat perempuan-perempuan yang sedang halangan ini menjadi sangat mudah mencari makan ketika siang bolong lapar dan tentunya makan secara sembunyi-sembunyi untuk menghargai yang sedang puasa. Nasi padang ini berasal dari daerah mingkabau dan menyebar luas hingga ke seluruh penjuru kota di Indonesia. Rumah makan padang yang khas dengan tumpukan piring yang disusun secara piramid ini dan diatasnya terdapat lauk pauk pendamping nasi menjadi daya tarik bagi pembeli, juga ada cerita bahwa jika makan di tempat porsi nasi menjadi lebih sedikit ketimbang dibawa pulang memang seperti itu kenyataanya berbagai cerita tentang hal tersebut pun bermunculan namun jika melihat fakta adalah jika di minagkabau sendiri segala macam restoran jika membeli makanan dan di bawa pulang memang selalu porsinya lebih banyak, entah memang sudah tradisi atau memang penjual orang-orang minang ini baik hatinya.

Sebagai warga indonesia asli memang tak dapat menolak jika disuguhi oleh nasi padang, entah orang yang berasal dari jawa, sunda atau mana pun makanan nasi padang adalah favorit pecinta kuliner sepanjang masa.