Skip to main content

3 Lokasi Wisata Di Papua Yang Banyak Diakui Akan Pesonanya


Pulau Papua merupakan merupakan pulau terbesar kedua didunia setelah Tanah Hijau. Pulau papua terbagi menjadi 2 wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau yang bentuknya menyerupai burung cendrawasih ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (4.884 m).

Wilayah Papua yang berada di wilayah kekuasaan negara Indonesia terbagi lagi menjadi 2 provinsi, antara lain Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Kedua provinsi tersebut kerap dianggap sebagai provinsi tertinggal dalam hal pembangunannya dibandingakan dengan beberapa provinsi lainnya di negara Indonesia. Terkait hal tersebut keindahan alam di dua provinsi tersebut memiliki keindahan yang luar biasa dengan khasnya tersendiri.

Tidak sedikit lokasi wisata alam yang berada di dua provinsi tersebut memiliki pesona alam yang menakjubkan dan banyak menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berikut 3 lokasi wisata yang banyak diakui karena pesona alamnya yang khas:

1. Lembah Baliem

Lembah Baliem terletak di Pegunungan Jayawijaya yang menyuguhkan pemandangan indah di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan lain yang juga dilingkupi kebudayaan Suku Dani. Menariknya, lembah hadir dengan hamparan rumput dan ilalang warna hijau. Lembah Baliem juga dikelilingi hamparan ilalang warna ungu di Kampung Parema Distrik Wesaput dan di Kampung Aikima Distrik Hubikosi. Hamparan cantik warna ungu ini juga ada di Distrik Napua dan Distrik Walesi.

2. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah taman nasional yang terbesar di Asia Tenggara. Masuk dalam situs warisan dunia UNESCO, Taman Nasional Lorentz membentang dari puncang gunung hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakau serta batas tepi Laut Arafuru menghadirkan panorama super indah dan menakjubkan.

3. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian 4 gugusan pulau yang berdekatan, antaralain Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Selain memiliki pesona alam yang khas diatas permukaan lautnya, lokasi wisata Raja Ampat juga dikenal memiliki keindahan bawah laut paling menakjubkan di dunia. Oleh karena itu kepulauan ini juga menjadi tujuan bagi para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya dan terumbu karangnya.