Skip to main content

Manfaat Sering Mengkonsumsi Ubi Jalar


Ternyata ubi jalar yang terkenal enak di santap ketika cuaca dingin yang pada umumnya dimasak dengan cara di kukus atau pun di oven memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker kandung kemih, usus besar, lambung, dan payudara oleh karena memiliki Antosianin yakni jenis antioksidan yang ditemukan dalam ubi ungu.

Selain itu ubi jalar juga kaya akan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan usus. Serat yang dimilikinya pun lengkap, ada serat tidak larut dan serat larut. Serat larut dari ubi dapat menyerap air dan melunakkan feses Anda. Sedangkan serat tidak larutnya menyeimbangkan kadar air di dalam saluran pencernaan.

Kedua jenis serat dari ubi jalar juga dapat difermentasi oleh bakteri di dalam usus besar Anda. Hal itu bisa menciptakan senyawa asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid), pelapis usus yang menjaga usus selalu kuat. Tak cuma itu, sebuah studi juga telah menemukan bahwa antioksidan dalam ubi jalar ungu dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri “baik” di dalam usus.